Wednesday, September 14, 2016

Kencan Istimewaku Setiap Hari Sabtu

“Cinta adalah perbuatan, kata-kata dan tulisan indah adalah hiasan”. Aku sering mendengar kalimat itu. Mungkin kamu juga pernah. Namun, baru sekarang aku merasakan kebenaran dari kalimat itu. Bagaimana sebuah perbuatan bisa menjadi lebih indah dari rangkaian kata-kata dan tulisan? Karena perbuatan adalah nyata, wujud dari cinta yang sesungguhnya. 

Akhir pekan adalah waktu yang selalu dinantikan bagi semua orang untuk melakukan kegiatan yang mereka sukai, terutama bagi yang sudah lelah bekerja selama seminggu. Seperti yang lainnya, aku juga punya janji istimewa setiap hari Sabtu. Menghabiskan waktu dengan orang-orang yang aku sayangi. Pasti menyenangkan, berada di tempat yang istimewa pada waktu yang istimewa dan bersama orang yang istimewa. Jadi pergilah aku kesana, ke sebuah tempat dimana aku menemukan banyak cinta, Kota Tua.

Sabtu bersama teman kencan istimewaku
Hidup adalah tentang pilihan-pilihan dan bertanggung jawab terhadap pilihan yang sudah kita ambil. Kalau hanya sekedar memilih pasti semua orang bisa melakukannya. Tapi, memenuhi konsekuensi dari pilihan butuh kerja keras kita sehingga kelak kita bisa menikmati hasil manis kehidupan tanpa pernah menyesali apa yang telah kita pilih. Dan salah satu pilihanku adalah berbahagia dengan mereka. Anak-anak yang membutuhkan banyak cinta sekaligus memberikan banyak cinta. Melangkahkan kakiku kesana adalah kebahagiaan. Setiap senyum mereka mengisi ruang hatiku dan setiap tawa mereka akan memenuhi memory indah di kepalaku. Aku dan teman-temanku membagi ilmu pengetahuan kepada mereka dan mereka membagi begitu banyak hal kepada kami. Walaupun kadang kewalahan karena kekurangan pengajar namun semangat mereka akan menegakkan kembali semangat kami. Keberadaan kami bukanlah hal istimewa namun keberadaan mereka membuat kami memahami lebih banyak keistimewaan hidup yang harus disyukuri. 

Belajar bersama anak-anak jalanan di Kota Tua, Jakarta

Tetap semangat belajar walau dalam keterbatasan
Dua hari libur setiap akhir pekan rasanya tidak cukup. Apalagi jika banyak acara bersamaan. Seperti hari itu, selain sudah ada janji ke dokter gigi paginya, aku juga tidak bisa menghadiri kopdar kubbu (klub buku dan blogger) karena banyak kakak pengajar yang tidak datang hari itu sehingga aku tidak bisa meninggalkan mereka. Semoga  kopdar kubbu selanjutnya lebih pagi atau diadakan pada hari Minggu karena aku juga suka kegiatan itu. Sebenarnya aku ingin datang ke kopdar kubbu tapi aku rasa anak-anak itu lebih membutuhkan aku disana. Aku tidak menyebutnya kewajiban karena aku tidak wajib datang kesana, tapi nuraniku mengatakan itu tugas dan amanat yang lebih baik aku kerjakan. Aku selalu mengingat nasehat seseorang kepadaku, “ Semangat terus berbagi ya. Masih banyak yang menunggu kita di luar sana. Meskipun bukan hal besar yang bisa kita lakukan tapi minimal kita sudah mau melangkahkan kaki melihat  dan menyentuh mereka dengan cinta kasih yang tulus “. Jadi jangan pernah khawatir, meskipun kita tidak punya banyak harta,  kita bisa berbagi apa saja yang kita punya. Siapa tahu nanti bertemu dengan orang yang bisa berbagi hidup dengan kita, eaaaa…

Berbagi cerita dan mendengarkan tutur polos mereka

Berbagi tawa dan banyak kelucuan lainnya

Sahabat kecil yang selalu menyemangati jiwa
Cinta adalah perbuatan. “ Kerjakanlah apa yang kamu cintai dan cintailah apa saja yang kamu kerjakan. Temukan sebanyak mungkin hal yang bisa kamu jadikan alasan untuk mencintai kehidupan “. Itulah kencan istimewaku setiap hari Sabtu. Jadi, bagaimana dengan akhir pekanmu?

0 comments:

Post a Comment